Pentingnya Kampanye Udara Bersih melalui Komunikasi Digital
8 Juni 2023
Oleh :
Kevin Arami
Kuliah Tamu “Optimalisasi komunikasi Digital Dalam Kampanye Udara
Bersih”, Kamis (08/06/2023) di Auditorium Kasman Singodimedjo FISIP
UMJ.
Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ menggelar Kuliah Tamu dengan tema
“Optimalisasi Komunikasi Digital Dalam Kampanye Udara Bersih”. Kegiatan
ini dilaksanakan di auditorium Kasman Singodimedjo FISIP UMJ pada Kamis,
(08/06/2023).
Acara ini diisi sejumlah narasumber Firdza Radian dari Pandemic Talks
Pakar Komunikasi & Inisiator , Istisari Bulan Lageni Dosen Ilmu
Komunikasi FISIP UMJ. Dalam acara ini juga dihadiri Dosen dan Mahasiswa
FISIP UMJ.
Kegiatan ini di gelar karena pentingnya mengampanyekan Udara Bersih
lewat komunikasi digital berupa konten-konten di media sosial dan
bagaimana membuat sebuah konten di media sosial yang dapat
menyebarluaskan konten yang kita buat sehingga dilihat banyak orang.
Baca Juga :
Tidak hanya membahas
komunikasi digital, dalam kegiatan ini juga bicara tentang Udara Bersih
dan Polusi Udara yang disebabkan dari asap kendaraan dan faktor lainnya.
“Ada isu lain yang penting kita ketahui setelah pandemic Covid-19
usai, yaitu terkait polusi udara. Jakarta termasuk kota yang polusi
udaranya juga tertinggi di dunia. Sehingga ini menjadi konsen bagi kita
semua dan temen-temen mahasiswa juga ikut berkontribusi untuk mengurangi
polusi udara dan mendorong dari beberapa stakeholder seperti pemerintah, instansi, dan perusahaan,” papar Kaprodi Ilkom FISIP UMJ Dr. Oktaviana Purnamasari, M.Si
Dalam rangkaian acara ini tidak hanya membahas tentang udara bersih
dan polusi udara, tetapi juga berbicara tentang Komunikasi Digital dalam
membuat konten untuk media sosial.
Salah satu narasumber dalam acara ini Firdza Radiany dari
PandemicTalks menyampaikan beberapa point mindset yang harus dimiliki
konten kreator saat akan membuat konten ada dua hal, “yang pertama
bagaimana kita bisa menjadi konektor yang mempertimpangkan terkait
faktor koneksi dengan audiens dan yang kedua bagaimana menjadi storyteller yaitu bisa mengembangkan suatu cerita yang akan lebih menarik untuk audiens,” ungkap Firdza.
Disampaikan juga oleh narasumber kedua yang merupakan Dosen ILKOM
FISIP UMJ Istisari Bulan Lageni yang memaparkan bagaimana kondisi
terkait polusi udara di Jakarta dan memaparkan tentang komunikasi
digital di media sosial.
“Komunikasi adalah proses penyampaian pesan, gagasan, pesan dari komunikator melalui media. Buatlah konten-konten digital dan push
di media sosial. Pemakai media sosial berada direntang usia yang sangat
panjang dan jauh baik usia muda atau usia tua, dengan demikian kita
harus memodifikasi media sosial yang kita punya agar lebih bijak dalam
menggunakannya,” papar Istisari.